Super Accelarated Learning

Standard

Dalam sebuah penelitian di universitas California, Los Angles, para peneliti menyelidiki bagian otak yang berfungsi memahami kata-kata yaitu daerah Wernicke dan menemukan bahwa jumlah dendreit mempunyai kolerasi dengan kualitas belajar seseorang.

Jenius dalam bidang computer dan pendiri perusahaan Microsoft, Bill Gates dalam bukunya The Road Ahead mengatakan, “Dalam dunia yang berubah, pendidikan adalah modal utama bagi seseorang agar bisa beradaptasi. Ketika perekonomia berubah, setiap orang dan kelompok masyarakat yang terdidik dengan baik cenderung melakukan hal-hal yang terbaik. Biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk menguasai keterampilan baru akan meningkat. Maka, nasihat saya adalah alangkah baiknya jika setiap orang mendapatkan pendidikan formal yang baik dan kemudian tetap terus belajar. Dapatkanlah keterampilan dan kecakapan baru sepanjang hayat anda.”

John Sculley, mantan direktur Apple Computers, mengatakan, “Daam tata ekonomi baru, sumber-sumber daya strategis tidak lagi muncul dari dalam tanah. Sumber-sumber daya strategis adalah ide-ide dan informasi yang lahir dari pikiran kita. Akibatnya, kita boleh jadi telah bergeser dari kaya sumber daya dalam tata ekonomi lama menuju mioskin sumber daya dalam waktu singkat. System pendidikan public kita tidak berhasil menggeser pengajaran hafalan fakta-fakta menjadi pembelajaran keterampilan berfikir kritis.”

Mnurut hasil penelitian Prof. David Snawdon dari Universitas Kentacky dan penelitian Universitas California, “ orang yang mendapat pendidikan tinggi, menyampaikan ilmunya, dan terus-menerus mendapatkan pikiran mereka dengan berbagai masalah, ternyata berumur lebih panjang dibandingkan orang yang berpendidikan rendah yang lebih banyak bekerja dengan otot bukan dengan otak.”

Seorang manusia yang berfikir dan mengetahui cara berfikir selalu dapat mengalahkan sepuluh orang yang tidak berfikir dan tidak mengetahui cara berfikir. Geoge Bernard Shaw, sastrawan dan filosof terkemukan ingris.

Para ilmuan menyimpulkan bahwa kecerdasan tidaklah tetap, ia sangat dipengaruhi oleh seberapa ia digunakan. Semakin kita menggunakan otak, semakin banyak pula koneksi antara sel-sel otak yang kita buat. Semakin banyak koneksi  diantara sel otak, semakin besar pula potensi kita untuk berfikir secara cerdas.

Kalau anda cinta kehidupan, maka janganlah sia-siakan waktu, karena bahan mentah kehidupan tersusun dari waktu. Bejamin Franklin.

Ketika prof. Marian Diamond – peneliti otak terkemukan yang pernah membedah otak Einstein- ditanya, pesan apa yang dia sampaikan mengenai masalah otak jika dia dapat berbicara secara pribadi dengan setiap orang dimuka bumi ini. Jawabannya jelas dan ringkas, “Saya akan member tahu mereka tentang betapa dinamisnya otak mereka, serta kenyataan bahwa otak dapat berubah pada usia berapapun, sejak lahir sampai akhir kehidupan. Otak dapat berubah secara positif jika dihadapkan pada lingkungan yang diberi rangsangan. Sebaliknya, otak dapat menjadi negatef jika tidak diberi rangsangan.

Pada tahun 1815, seorang ilmuan bernama Spurzheim mengamati bahwa ukuran organ akan bertambah jika dilatih. Otot akan membesar jika dikembangkan dengan olahraga. Spurzheim memperluas teori ini dari “otot” ke “Otak”. Ia melaporkan bahwa otak, seperti otot, akan menguat dengan berolahraga. Mengapa? Karena darah dibawa dalam jumlah yang banyak kepada baigian-bagian yang dirangsang dan nutrisi dilakukan oleh dara.”

Dr. Stanley rapoport. Di The national Intitute  on aging, menemukan bahwa otak orang yang lebih tua memberikan reaksi lebih lambat, menyimpan, mengingat, dan mengolah informasi lebih lama. Tetapi kecermatan daya ingat dan kefasihan berbicara tidak berkurang karena usia.

Satu on pengalaman bernilai satu on teori. Bejamin Frenklin

One response »

  1. assalamualykum mba kue boleh minta puisi teteng pacar eang ku syg sekarang milik orang lain py kue khn sabar meunggu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s